Apa Marketing Mix 4P Itu? [Pengetian & Variable]

author photo Januari 15, 2020
Apa Marketing Mix 4P Itu? [Pengetian & Variable]

Marketing atau pemasaran merupakan kunci utama keberhasilan suatu bisnis. Terdapat beberapa hal dasar dalam pemasaran yang dapat memengaruhi dan mengikat pembeli diantaranya product, price, place, dan promotion yang dikenal dengan istilah marketing mix 4P.

Marketing mix (bauran pemasaran) 4P dipopulerkan oleh seorang profesor pemasaran sekaligus penulis yang berasal dari Amerika bernama Jerome McCarthy. Marketing mix 4P merupakan perpaduan dari alat-alat pemasaran yang dapat diterapkan dengan tujuan untuk memengaruhi serta mempertahankan konsumen.

Perpaduan tersebut dapat dianalogikan sebagai sebuah kendaraan roda empat yang membutuhkan peran dari semua roda yang dimiliki agar mampu berfungsi sebagaimana mestinya. Masing-masing alat pemasaran yang dimaksud haruslah dilakukan perancangan agar mampu memberikan manfaat bagi pelanggan.

Variabel Marketing Mix 4P


Adapun alat-alat pemasaran dalam marketing mix 4P adalah sebagai berikut:

1. Product (Produk)

Produk merupakan hasil dari adanya kegiatan produksi yang kemudian ditawarkan ke pasar guna memenuhi apa yang menjadi keinginan atau kebutuhan dari konsumen. Dalam mengembangkan bauran pemasaran untuk setiap produk, entah itu barang, jasa, maupun gagasan, para pemasar harus mempertimbangkan apa yang diinginkan oleh konsumen tatkala membeli sebuah produk.

Sebuah produk harus tepat sasaran pada pasar tujuan sehingga dapat diperoleh kepuasan dari konsumen. Kesesuaian produk dengan pasarnya juga mampu menjadi sebuah metode dalam peningkatan keuntungan jangka panjang karena akan menghasilkan penjualan yang meningkat.

2. Price (Harga)

Harga merupakan media untuk mengomunikasikan nilai produk kepada pasar. Penetapan harga memiliki dampak langsung dan eksplisit pada penerimaan pasar sehingga menjadi sesuatu yang penting terhadap keseluruhan dari bauran pemasaran.

Baca Juga: Cara Kerja Bisnis Waralaba

Harga bersifat fleksibel karena dalam waktu tertentu harga akan mengalami kestabilan namun di waktu yang lain harga juga dapat berfluktuasi. Harga menjadi satu-satunya elemen yang menghasilkan pendapatan dari adanya penjualan.


3. Place (Tempat)

Berhasil atau tidaknya pemasaran produk bergantung pada distribusi. Distribusi atau tempat (place) merupakan kombinasi saluran-saluran guna menyampaikan produk kepada pembeli. Pada prosesnya, terdapat suatu perantara yakni orang-orang atau perusahaan berupa pemindahan barang darisatu pihakke pihaklainnya hingga sampai ke tangan pembeli.

Perantara dapat dibedakan menjadi dua yakni pedagang grosir (wholesaler) dan pengecer (retailer). Selain itu, lokasi yang strategis juga memengaruhi peluang keberhasilan suatu bisnis dalam memasarkan produk.

4. Promotion (Promosi)

Kegiatan promosi memiliki peran penting dalam pemasaran guna memperkenalkan produk kepada pelanggan atau pembeli. Tujuan utama dilakukannya promosi oleh perusahaan yakni untuk menyampaikan beberapa hal diantaranya membuat pelanggan menyukai produk hingga mereka membeli produk tersebut yang berimbas pada meningkatnya angka penjualan.

Selama ini, kita mengenal bauran promosi ada 4 hal yakni Hubungan Masyarakat (Public Relation), Promosi Penjualan (Sales Promotion), Periklanan (Advertising), dan Penjualan Pribadi (Personal Selling).

Dengan adanya marketing mix 4P maka roda bisnis suatu perusahaan dapat berjalan dengan baik. Empat hal yang terdapat dalam marketing mix 4P tidak dapat dipisahkan karena antara satu dengan lainnya saling berkaitan dengan tujuan yang sama untuk memengaruhi orang untuk menyukai dengan sadar produk yang ditawarkan hingga ia membeli dan setia pada produk tersebut.

Baca Juga: Daftar Usaha Waralaba 2020

Dalam beberapa kasus, seringkali sebuah perusahaan mengalami kemunduran walaupun marketing 4P sudah diterapkan dalam bisnisnya. Hal ini dikarenakan perusahaan tersebut tidak memunculkan keunggulan suatu produk yang dipasarkan.

Sumber : https://divedigital.id/inspirasi-landing-page/

This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement