Kelebihan, Kerugian & Cara Kerja Binis Waralaba [LENGKAP]

author photo Januari 03, 2020
keuntungan bisnis waralaba

Semua orang pasti mau hidup mapan dan sejahtera. Berbisnis adalah salah satu cara mendapatkan kesejahteraan itu. Tapi bagaimana jika kita minim pengalaman, dan pengetahuan dalam berbisnis?
Memangnya bisa? Tentu bisa!

Salah satu caranya dengan berbisnis waralaba atau Franchise. Nama lain dari Bisnis Waralaba ini, menjanjikan keuntungan yang luar biasa, dengan risiko yang tak sebesar merintis bisnis sendiri sejak awal.

Kok bisa begitu? Tentu, biar kami jelaskan.

Cara Kerja Bisnis Franchise

Agar lebih paham cara kerjanya, kami akan ilustrasikan. Jika anda sangat suka makan bakso, dan anda punya satu tukang bakso langganan yang menurut anda rasanya sangat enak.

Lalu anda berniat ingin berbisnis bakso juga, namun anda ingin rasa bakso anda sama enaknya dengan bakso kesukaan anda. Anda bisa meminta tukang bakso langganan anda tadi berbisnis franchise dengan anda.

Anda akan membuka warung bakso sendiri di tempat lain. Selama waktu yang disepakati, anda berhak berdagang membawa merek, produk bakso dan semua paketnya, cara pembuatan, hingga sistem penjualan yang sama persis seperti warung bakso langganan anda.

Itulah bisnis franchise atau waralaba.

Tapi tetap saja, walaupun kelebihan bisnis waralaba lebih aman dan menjanjikan, bisnis franchise tetaplah bisnis. Semua yang namanya bisnis, adalah risiko. Anda dipersilahkan untuk berhasil, dan sejahtera, asalkan bisa mengelola dan menghindari risikonya, serta memaksimalkan semua peluangnya.

Kami akan tunjukan, perhatikan.


Kelebihan Bisnis Waralaba

Model bisnis franchise ini membuat anda tidak perlu repot-repot merintis bisnis ini dari nol. Bisnis impian anda sebelumnya sudah berkembang, bahkan sudah maju. Ketika bisnis impian anda itu ingin menambah keuntungan, dengan melakukan ekspansi bisnis, itulah peluang anda!

Jadilah bagian dari bisnis itu, dan milikilah hak menjual produk yang ditawarkan bisnis tersebut di tempat anda sendiri.Keuntungannya jelas menjadi milik anda selaku franchisee, dibagi dengan franchisor yang bekerjasama dengan anda.

Model ini juga membuat anda menghemat banyak waktu untuk menjadi pengusaha. Karena anda tidak perlu repot menentukan produk apa yang akan anda jual, bagaimana sistem penjualannya, apa kelebihan produk anda, dan di mana lokasi strategis membuka bisnis anda.

Semuanya sudah ada dalam genggaman anda. Jika anda tepat memilih franchisor, anda akan diberikan semua kelebihan di atas. Anda akan dilatih berbisnis, anda akan memiliki sistem yang sudah jelas sejak awal, anda akan dibantu menentukan lokasi yang tepat untuk bisnis anda, dan tentunya merek yang anda jual sudah dikenal banyak orang serta punya mangsa pasarnya sendiri.
Anda tidak perlu repot mempromosikan bisnis anda sejak awal.

Bisnis ini, sangat direkomendasikan untuk anda yang ingin cepat menjadi pengusaha, serta hanya siap menanggung risiko yang sekecil mungkin. Kurang ilmu, referensi dan pengalaman, sehingga tidak bisa mulai dari nol.

Kerugian Bisnis Waralaba

Bisnis franchise memang menjanjikan, namun juga bisa memberikan kerugian besar. Terutama pada keleluasaan anda mengatur bisnis. Sebagai franchisee, bisnis yang anda kelola itu tetaplah bukan milik anda seutuhnya, itu milik bersama. Oleh karena itu, ada “sistem” yang harus terus dijalankan dan tidak boleh ada improvisasi pada sistem yang rumit tersebut.

Bisnis ini milik bersama, dan bisa jadi bukan cuma milik anda dan franchisor nya. Tapi ada banyak franchisee lain yang bekerja sama dengan franchisor anda. Sehingga reputasi usaha anda, ada juga di tangan sesama franchisee lainnya. Jika manajemen anda, atau manajemen franchisee lain yang sama dengan anda bermasalah, semuanya akan rugi berjamaah.

Tentu, ketidaklenturan bisnis ini juga membuat banyak peluang lain yang mungkin terpikir di pikiran anda, harus dibiarkan lewat begitu saja. Karena ada standar dan sistem yang harus dipatuhi. Bisnis ini, sama sekali tidak direkomendasikan untuk anda yang ingin berbisnis untuk mencari kebebasan dalam mengelola usaha anda sendiri.

Ingin mencoba peluang usaha waralaba? lihat daftar franchise terbaik 2020 ini.

This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement