Daftar Nama & Alamat Terminal di Kota Bandung [Lengkap]

author photo Januari 29, 2020
terminal di bandung

Bila Anda berencana pergi dari kota anda menuju Kota Bandung menggunakan bus, atau berencana berkeliling Ibu Kota Provinsi Jawa Barat ini menggunakan kendaraan umum, Anda sudah pasti harus mengetahui lokasi terminal di Bandung.

Seperti kota-kota besar lainnya, ada beberapa pusat transportasi umum yang tersebar di sekitar Bandung. Terminal-terminal tersebut tidak hanya memudahkan masyarakat setempat untuk bepergian keliling kota maupun ke luar kota, namun juga memudahkan pendatang untuk berkunjung dan bertamasya di Kota Kembang ini.

Ya, mulai dari kendaraan umum dalam kota hingga bus antar kota dan provinsi dapat Anda termukan dan naiki di terminal Bandung.

Di antara banyaknya terminal yang ada, terdapat dua terminal di Bandung yang paling besar dan termasuk dalam kategori tipe A. Terminal tipe A adalah terminal yang melayani penumpang Angkutan Pedesaan (ADES), Angkutan Kota (Angkot), Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), hingga Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP).

Kedua terminal tersebut adalah Terminal Leuwi Panjang dan Terminal Cicaheum. Simak pembahasan Bandung Ekspres selengkapnya berikut!

Terminal Leuwi Panjang

terminal leuwi panjang
terminal leuwi panjang

Dibangun pada tahun 1994 dan mulai digunakan pada tahun 1996 untuk meggantikan Terminal Kebon Kalapa yang direlokasi ke pinggir Kota Bandung, Terminal Leuwi Panjang berada tepat di jalan utama Soekarno-Hatta.

Terminal Leuwi Panjang di antaranya melayani kedatangan dan keberangkatan bus AKDP dari dan menuju wilayah Barat seperti Jakarta, Bogor, Tangerang, Sukabumi, Cianjur, Serang, dan Merak, serta bus AKAP dari dan menuju wilayah luar Jawa seperti Lampung dan Medan.

Selain itu, Terminal Leuwi Panjang juga melayani AK seperti Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia (DAMRI) menuju Ledeng, Dipatu Ukur, Cicaheum, dan Cibiru, serta Angkot menuju Dago, Ledeng, Cicaheum, dan area-area lainnya.

Terminal Cicaheum

Terminal Cicaheum
Terminal Cicaheum

Terletak di Jalan Jendral Ahmad Yani, Terminal Cicaheum juga melayani penumpang Angkot, AKDP, hingga AKAP. Bila Terminal Leuwi Panjang melayani kedatangan dan keberangkatan dari dan menuju wilayah Barat, terminal yang dibangun pada tahun 1976 ini khusus melayani rute wilayah Timur seperti Sumedang, Tasikmalaya, Cirebon, Indramayu dan Magelang, Yogya, solo, dan lainnya. Terdapat juga bus AKAP menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta bus antar pulau menuju Bali.

Sedangkan Angkot yang bisa dinaiki dari dan menuju Terminal Cicaheum di antaranya adalah DAMRI menuju Leuwi Panjang dan Cibereum, serta Angkot jurusan Kebon Kelapa, Ledeng, Ciroyom, Leuwi Panjang, dan area-area lainnya.

Daftar Lengkap Terminal di Bandung


Selain terminal Cicahuem dan terminal Leuwi Panjang, berikut adalah daftar terminal Bandung lainnya:

1. Terminal Abdul Muis
2. Sub Terminal Ledeng yang ada di jalan Setiabudhi dalam Ledeng kecamatan Cidadap.
3. Sub Terminal Ciroyom yang ada di jalan Ciroyom.
4. Sub Terminal St. Hall yang ada di Jalan Suniaraja.
5. Sub Terminal Dago yang ada di Jalan IR H Juanda.
6. Sub Terminal Ujungberung yang ada di Jalan Ujung berung.
7. Pangkalan I Tegalega yang ada di Jalan Ostita.
8. Pangkalan II Sederhana yang ada di Pasar Sederhana.
9. Pangkalan III Sadang Serang yang ada di Jalan Sadang Serang.
10. Pangkalan IV Elang yang ada di Jalan Elang.
11. Pangkalan V Buah Batu yang ada di Pasar Ciwastra.
12. Pangkalan VI Antapani yang ada di Jalan Cibaduyut.
13. Pangkala VII Cibaduyut yang ada di Jalan Cibaduyut.
14. Pangkalan VIII Gedebage

Berikut beberapa terminal yang ada di kota bandung? Selamat mengeksplorasi Kota Bandung! Jika kamu saat ini sedang berada di kota bandung, kamu bisa melihat beberapa tempat wisata bandung yang indah tersebut. Beberapa tempat wisata tersebut juga bisa diakses dengan transportasi umum kok.

This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement