Apa Tugas (Desk Job) IT Support

author photo Februari 14, 2020
Desk Job IT Support

Seseorang yang bekerja menjadi IT support biasanya memiliki kemahiran di bidang instalasi komputer. Tidak hanya itu, ia juga mampu menilai dan mengembangkan software & sistem jaringan komputer.

Tanpa adanya IT support yang andal, keberadaan front-end developer, back-end developer, serta profesi lain yang berkaitan hanyalah tinggal nama. Tak heran jika gaji per IT support itu paling sedikit 6 juta Rupiah, mengingat pekerjaan ini tidak bisa dilakukan sembarang orang.

Tugas (Desk Job) IT Support

Apabila Anda tertarik bekerja di suatu perusahaan teknologi, penting sekali untuk memahami tugas-tugasnya atau desk job IT Support. Meski bisa bekerja secara tim, tapi sebagai IT support, Anda wajib memahami seluruh sebab-akibat dari masing-masing kendala dalam pengoperasian komputer.

1. Menjamin Komputer Beroprasi

Rata-rata, pengguna komputer itu kan bukan berasal dari teknisi IT. Mereka hanya tahu cara menggunakan tombol-tombol, aplikasi, dan berkomunikasi menggunakan komputer.

Begitu komputer mengalami kendala dari segi hardware maupun software, biasanya mereka tak tahu apa yang perlu dilakukan. Nah, di sinilah peran Anda sangat dibutuhkan sebagai IT support. Sewaktu-waktu mereka butuh bantuan, solusi sudah ada di tangan.

2. Melakukan Backup Data

Tujuan dari backup data yang ada di komputer tak lain agar sewaktu-waktu terjadi gangguan, bisa diatasi lebih cepat. Sebab, data-data yang di-backup pada mulanya sudah berjalan dengan baik.

Memang sih, aktivitas backup data ini akan “menunda” pekerjaan sementara. Tapi, hal itu masih jauh lebih baik daripada suatu hari tiba-tiba kehilangan data penting. Sedangkan data itu berkaitan erat dengan identitas customer, laporan penjualan, dan sebagainya.

3. Memasang Tool Antivirus

Komputer itu sejatinya cukup rawan terserang virus maupun malware. Terutama jika difungsikan untuk berkomunikasi, mengambil data, berbagi data, ataupun berselancar di dunia internet. Dengan adanya antivirus, setidaknya bisa meminimalisir gangguan yang ada. Bahkan bisa mencegah terjadinya peretasan, meskipun masih perlu ditinjau lebih dalam lagi.

4. Menjamin Software Berfungsi

Seorang IT support memiliki kewajiban untuk melakukan instalasi software sekaligus memperbaikinya saat terjadi gangguan. Gangguan yang paling sering dialami pengguna antara lain force close, respons terputus, delay, serta tidak adanya sinkronisasi antara tombol dengan fungsi pada software.

5. Menjamin Koneksi Komputer Lancar

Adapun mesin pendukung komputer yang biasa digunakan antara lain printer, scanner, mouse, webcam, speaker, hingga mikro-prosesor. Biasanya, dalam kurun waktu tertentu, para IT support akan memeriksa kelancaran koneksi tersebut. Bisa dalam waktu mingguan ataupun bulanan. Tergantung kebutuhan.

Apa Saja Kelebihan Menjadi Seorang IT Support?

Meskipun sulit, nyatanya tugas seorang IT Support memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki pekerja lain. Apa saja itu, yuk simak.

Menggenggam Banyak Peluang Bisnis di Era Digital

Ketika sudah diterima kerja oleh suatu perusahaan, bukan berarti arus penghasilan hanya mengalir dari satu arah. Anda juga bisa membuka peluang lain di ranah freelance, mengingat kebutuhan akan teknisi komputer saat ini begitu tinggi.

Siapa yang mempekerjakan IT support secara freelance? Siapa saja. Misalnya warung internet (warnet) ataupun komputer milik teman.

Bisa Mengenal Lebih Dekat Dunia Pemrograman

Sudah banyak kok di antara IT support itu juga bisa melakukan coding. Nantinya bisa digunakan untuk menggarap pekerjaan freelance ataupun sebagai aset lain ketika hendak melamar perusahaan baru.

Gaji seorang IT support yang juga menguasai bahasa pemrograman tentu jauh lebih tinggi. Apalagi sekarang semua bisnis sudah mulai terintegrasi dengan jaringan internet. Di waktu luang, Anda juga bisa menggarap proyek pribadi untuk kemudian dijual pada perusahaan atau perorangan.

Baca Juga: Harga Content Placement Blog

Untuk menjadi seorang IT support andal, tentu memerlukan waktu yang tidak sedikit. Tak cukup pula jika hanya belajar dari bangku sekolah atau perkuliahan. Minimal lebih dulu punya beberapa guru yang memiliki keahlian sebagai teknisi komputer dan telah terbukti selama puluhan tahun.

This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement