√ Inspirasi Contoh Aneka Merchandise Unik Cocok untuk Perusahaan

author photo Februari 15, 2020
Merchandise Unik

Pernahkan anda mendengar istilah Marketing Event? Marketing event merupakan salah satu teknik komunikasi pemasaran dengan cara mengadakan sebuah event atau ikut serta dalam event yang ada demi mendukung kegiatan promosi. Marketing event bisa dilakukan dalam berbagai cara mulai dari kegiatan sponsorship, mengadakan seminar atau workshop, ikut dalam acara pameran atau jobfair, sampai mengadakan acara khusus seperti lomba atau kompetisi tertentu.

Demi mendukung kegiatan promosi dalam event tersebut, dibutuhkan sebuah media promosi yang tepat untuk menarik perhatian calon konsumen. Flyer atau poster sebagai media konvensional, memang wajib diadakan ketika melakukan promosi di lapangan. Selain itu dibutuhkan media un-konvensional untuk lebih menarik minat pengunjung event atau acara tersebut. Salah satunya dengan memberikan merchandise.

Apa yang dimaksud dengan merchandise?

Merchandise merupakan salah satu media promosi yang pada bagiannya dicetak logo, nama, atau slogan perusahaan untuk mengingatkan penerima merchandise kepada eksistensi perusahaan. Merchandise bisa dibuat dalam berbagai bentuk.

Baca Juga: Pengertian Marketing Mix 4P

Modelnya pun bermacam-macam yang fungsinya untuk memberikan penghargaan serta cinderamata kepada mereka yang sudah ikut hadir dan memberikan konstribusinya dalam acara tersebut.

Contoh Aneka Merchandise Unik

Inilah inspirasi aneka merchandise unik yang cocok untuk perusahaan :

1. Clay

clay tanah liat

Clay merupakan kerajinan tangan tanah liat yang bisa dibuat dalam berbagai bentuk sesuai keinginan dan kebutuhan. Sebagai merchandise perusahaan, anda bisa mendesain Clay menyerupai mascot perusahaan, logo perusahaan, atau yang lainnya yang mana bisa dimanfaatkan sebagai tempelan kulkas, penyangga foto, atau wadah alat tulis kantor.

2. Zine

zine

Masyarakat yang mulai skeptis dengan adanya flyer atau poster perusahaan, membuat flyer atau poster hanya akan memenuhi tempat sampah. Anda bisa mengganti flyer dan poster tersebut dengan zine. Melalui zine, anda bisa menyampaikan informasi terkait perusahaan dengan lebih menarik.

Selain itu anda bisa memasukkan unsur hiburan di dalamnya, agar jenis majalah ini tidak cepat berakhir di tempat sampah.

3. Kotak Tissue

kotak tissue

Sampai saat ini tidak banyak perusahaan memberikan merchandise dalam bentuk kotak tissue. Kotak tissue bisa dikatakan sebagai sebuah peralatan rumah tangga yang tidak dianggap penting. Justru karena tidak dianggap penting, orang tidak akan ambil pusing untuk membeli kotak tissue.

Ketika perusahaan anda memberikan kotak tissue secara percuma, orang akan menggunakan kotak tissue anda karena mereka tidak memiliki kotak tissue yang lain.

4. Custom e-money

e-money

E-money semakin massif digunakan oleh masyarakat khususnya di Jakarta untuk keperluan tol, naik kereta, dan lain sebagainya. Hal ini bisa menjadi peluang bagi perusahaan untuk memberikan merchandise unik dalam bentuk e-money.

Anda bisa mencetak logo perusahaan pada badan e-money dan cukup memberikan saldo awal beberapa rupiah, misalnya Rp 25.000,-. E-money sebagai alat pembayaran hampir semua transportasi umum, pasti akan dibawa setiap hari. Sehingga e-money tersebut bisa menciptakan brand connectivity dengan konsumen. 

5. Tote Bag

tote bag

Perusahaan yang memberikan merchandise dalam bentuk tote bag memang sudah cukup banyak.  Tetapi jika perusahaan anda menjual barang dan jasa dengan target konsumen utama adalah perempuan, maka tote bag merupakan pilihan terbaik untuk merchandise perusahaan anda.

Pasalnya tote bag masih menjadi jenis tas primadona bagi perempuan. Tote bag yang merupakan tas serba guna  biasa digunakan untuk pergi bekerja, kuliah, jalan ke mall, liburan, dan lain sebagainya.

6. Travel Lock

travel lock

Travel lock merupakan sebuah gembok mini yang digunakan untuk mengunci koper atau tas. Ide memberikan merchandise dalam bentuk travel lock merupakan sebuah ide yang unik karena belum banyak perusahaan yang memberikan merchandise dalam bentuk ini.

7. Payung

payung

Payung merupakan benda yang cocok dimanfaatkan sebagai merchandise karena media-nya cukup luas sehingga perusahaan bebas untuk mencetak apapun dalam badan payung, mulai dari nama, logo, tagline, bahkan mascot perusahaan.

8. Power Bank

power bank

Merchandise dalam bentuk power bank sangat jarang ditemukan karena memang biaya produksinya cukup besar. Tetapi powerbank hampir menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat sekarang. Power bank yang dibawa setiap saat akan selalu menempel pada pemiliknya sehingga akan menciptakan asosiasi atau konektivitas tersendiri antara konsumen dan brand.

Itulah beberapa inspirasi contoh merchandise unik yang cocok untuk perusahaan. Sesuai tujuannya, merchandise dibuat sebagai salah satu media promosi. Oleh karena itu pemilihan jenis merchandise tidak hanya dipertimbangkan dari segi keunikan dan harga produksinya saja, tetapi penting untuk diperhatikan bahwa barang tersebut memiliki fungsi dan manfaat sehari-hari.

Baca Juga: Tugas dan Tanggung Jawab IT Suport

Sehingga semakin sering merchandise diguanakan, semakin sering dilihat, semakin banyak orang lain yang melihat, maka jangkauan pemasarannya semakin besar. Oh ya, jika perusahaan anda membutuhkan media placement untuk mempromosikan produk, Bandungekspres menghadirkan layanan tersebut, anda bisa melihatnya melalui halaman ini https://www.bandungekspres.com/p/content-placement.html

This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement