Rekomendasi Makanan Lovebird yang Bagus Saat Mabung

author photo Februari 03, 2020

Burung cinta atau lovebird adalah salah satu burung hiasan yang populer di Indonesia saat ini. Menurut situs caracari.us, Lovebird memiliki ciri khas yang selalu mudah untuk diingat dan dikenali karena memiliki warna bulunya dan kicauannya yang khas atau yang sering disebut dengan ngekek. Setiap burung lovebird pasti mengalami mabung pada saat lovebird berumur 3 sampai dengan 4 bulan. Mabung dikenal sebagai proses alami perontokkan bulu dari tubuh lovebird atau yang disebut molting.

Pada proses mabung ini tentunya setiap lovebird membutuh perawatan dan perhatian yang khusus karena proses perontokkan bulu tersebut tubuh, burung lovebird mengalami penurunan kualitas diri seperti mulai berkurangnya aktivitas berkicau atau ngekek.

Akibat dari mabung atau molting ini lovebird juga banyak kehilangan asupan protein ataupun nutrisi sehingga diperlukan makanan lovebird yang bagus saat mabung. Makanan yang diperlukan lovebird pada kondisi mabung ini tentunya makanan yang banyak mengandung nutrisi seperti protein, lemak, vitamin dan suplemen agar menunjang kualitas diri lovebird tersebut.

Makanan Lovebird yang Bagus Saat Mabung

Walaupun lovebird mengalami mabung dapat selalu memiliki bulu yang bagus dan kemampuan berkicau atau ngekek yang panjang. Berikut beberapa rekomendasi makanan lovebird yang bisa anda berikan pada saat mabung.

1. Biji Oat atau Haver

biji oat

Biji oat atau haver memiliki kandungan yang sangat baik untuk penyusun energi metabolisme dimana nutrisi yang didapat dari biji oat atau haver dapat memperbaiki struktur jaringan bulu sehingga tampak lebih cerah dan menarik menjadikan biji oat atau haver makanan yang baik diberikan saat lovebird mengalami mabung karena dapat mempercepat pertumbuhan bulu lovebird.

Selain itu, biji Oat atau Haver dapat mengurangi stress sehingga dapat memberikan rasa kenyamanan dan ketenangan pada lovebird saat mengalami mabung dan biji oat atau haver dapat diberikan pada lovebird yang memiliki badan yang terlalu kurus agar dapat meningkat berat badan lovebird  tersebut.

2. Kuning Telur

Telur rebus memiliki banyak sekali kandungan protein yang baik terutama pada bagian kuning telur karena bagian tersebut mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk pertumbuhan tubuh pada lovebird.

Ketika lovebird mengalami mabung, kuning telur sangat baik diberikan karena lovebird mengalami penurunan aktivitas seperti mulai berkurangnya aktivitas berkicau atau ngekek. Dengan diberikannya kuning telur dapat membuat lovebird meningkatkan aktivitas dalam berkicau atau ngekek karena kuning telur rebus memiliki kandungan biotin untuk menstabilkan suara lovebird sewaktu berkicau atau ngekek yang panjang.

Cara pemberiannya yaitu telur yang telah direbus kemudian diambil kuning telurnya potong kecil-kecil lalu diletakkan pada tempat khusus dalam sangkar lovebird tersebut.

3. Daun Mengkudu

Daun mengkudu atau pace dikenal dengan nama latin Morinda Citrifolia L. Daun mengkudu sangat baik untuk meningkat kesehatan burung hiasan termasuk lovebird karena daun mengkudu memiliki zat antioksidan. Apabila saat mabung lovebird diberikan daun mengkudu dapat menguatkan sistem imun dalam tubuh lovebird sehingga terhindar dari berbagai jenis gejala penyakit ataupun alergi akibat asupan makanan tertentu atau polusi udara.

Cara pemberiannya yaitu daun mengkudu dapat digantung pada dinding sangkar, ditumbuk, direbus sebagai minuman untuk lovebird atau dengan jangkrik.

4. Tulang Sotong

Tulang sotong juga termasuk dalam makanan lovebird yang bagus untuk dimakan saat mabung. Zat-zat yang terdapat pada tulang sotong seperti kalsium, mineral, dan iodium yang memiliki beberapa manfaat apabila diberikan pada lovebird yang mengalami  mabung, dimana zat kalsium pada tulang sotong  dapat  memperkuat bulu-bulu lovebird tersebut sehingga dapat meminimalisir kerontokan bulu-bulu pada lovebird.

Adapun cara pemberiannya yaitu tulang sotong dapat digantung atau dipasang pada setiap dinding sangkar peliharan lovebird.


Nah itulah beberapa rekomendasi makanan yang kami sarankan untuk diberikan pada burung bersuara unik satu ini pada saat mengalami pergantian bulu. Sangat penting untuk memperhatikan makanannya pada saat perontokan bulu agar kedepannya lovebird memiliki performa yang sama baiknya sebelum mabung.

This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement