Siapakah Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang? Cerita dibalik Kompleks Candi Prambanan

author photo Oktober 13, 2020
Bandung Bondowoso dan Roro Jongrang Candi Prambanan

Jika berbicara tentang candi yang ada di Indonesia, kita bisa melihat cerita unik yang ada di baliknya, salah satunya adalah cerita dibalik dibuatnya arca dewi durga, keraton ratu baka, candi prambanan, dan juga candi sewu, yakni bandung bondowoso dan roro jongrang.


Lalu yang banyak menjadi pertanyaan anak milenial atau anak sekolah adalah, siapakah Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang itu? Kenapa cerita dua orang ini begitu populer dikalangan masyarakat Jawa? Yuk simak ulasan bandung ekspress kali ini.


Siapakah Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang itu?

Bandung Bondowoso adalah seorang pangeran dengan kekuatan sakti mandraguna, merupakan anak dari seorang raja Damar Maya dari kerajaan Pengging. Sedangkan Roro Jonggrang adalah seorang gadis yang cantik dan jelita, yang merupakan anak dari raksasa Prabu Baka, yakni seorang raja dari kerajaan Baka.


Bandung Bondowoso dan Roro Jongrang adalah dua tokoh dibalik berdirinya candi prambanan, yang sekarang bisa kita nikmati keindahannya di sekitaran magelang Jawa Tengah.


Cerita dibalik Komplek Candi Prambanan

Menyambung pembahasan siapakah Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang diatas, tentu ada kaitannya dengan cerita dibalik adanya kompleks Candi Prambanan. Dilansir dari merahputih, cerita ini dimulai dari permusuhan antara Kerajaan Baka dan Kerajaan Pengging.


Sama seperti permusuhan lainnya pada zaman dulu, akhirnya kedua kerjaan inipun mengalami pertempuran hebat. Dalam pertempuran ini, prabu Baka berhasil dikalahkan oleh Pangeran Bandung Bondowoso yang tentu saja, kerajaan Baka akhirnya dikuasai oleh kerajaan Pengging.


Akhirnya rombongan pangeran Bandung Bondowoso datang menuju kerajaan Baka, dan pada saat itulah pangeran Bandung Bondowoso melihat seorang gadis cantik jelita bernama Roro Jongrang, dan cerita selanjutnya, Pangeran Bandung Bondowoso terpikat oleh kecantikan Roro Jonggrang dan bermaksud untuk menikahinya.


Karena Bandung Bondowoso adalah orang yang sudah membunuh ayahnya, tentu saja Roro Jongrang menolaknya. Pangeran Bandung Bondowoso terus membujuk dan memaksa sang putri kerajaan Baka. Yang pada akhirnya Roro Jongrang mau dinikahi dengan dua syarat, yakni membuat sumur julatunda dan juga seribu candi hanya dalam satu malam.


Roro Jongrang membuat persyaratan ini karena menganggap dua syarat ini tidak mungkin bisa dilakukan yang akhirnya Bandung Bondowoso tidak jadi menikahinya. Namun Bandung Bondowoso yang sakti mandraguna justru menerima syarat tersebut.


Dengan kesaktian yang dimilikinya, pangeran Bandung Bondowoso akhirnya berhasil membuat sumur julatunda, Roro Jongrang memulai tipumuslihatnya dengan mengelabui Bandung Bondowoso untuk masuk kedalam sumur untuk mengeceknya. Selah pangeran Bandung Bondowoso masuk, sang putri meminta Gupala untuk menutup sumur tersebut dengan batu.


Namun Pangeran Bandung Bondowoso berhasil keluar dari sumur tersebut dengan mendobraknya. Tentu saja sang pangeran marah, namun tidak bertahan lama karena sudah terpikat dengan kecantikan Roro Jongrang.


Bandung Bondowoso pun lanjut untuk memenuhi persyaratan kedua, yakni membangun seribu candi hanya dalam satu malam, dan untuk melaksanakan ini Pangeran Bondowoso meminta bantuan Jin dan Setan yang ada diperut bumi, dan hampir menyelesaikan seluruh candi yang diminta oleh Roro Jongrang.


Roro Jongrang yang mendengar berita bahwa Pangeran Bandung Bondowoso hampir berhasil membuat 1000 candi, tentu saja tidak tinggal diam. Ia berusaha menggagalkan aksi tersebut dengan membangunkan para dayang  istana untuk menumbuk padi dan membakar jeraminya pada sebelah timur.


Warna merah seperti fajar tentu saja muncul akhibat jerami yang dibakar oleh dayang, akhirnya membuat jin dan makluk halus lainnya ketakutan, dan pangeran Bandung Bondowos hanya berhasil membuat candi sebanyak 999 buah saja.


Pangeran Bandung Bondowoso berhasil mengetahui bahwa Roro Jongrang lah yang menggagalkan aksinya untuk membuat 1000 candi, tentu saja ia sangat murka, dan akhirnya mengutuk Roro Jongrang menjadi patung, dan akhirnya terjadilah, Roro Jongrang berubah jadi Arca melengkapi 1000 candi yang dibuat oleh pangeran Bandung Bondowoso.


Nah seperti itulah kisah dibalik gadis jelita bernama Roro Jongrang dan pangeran sakti bernama Bandung Bondowoso. Kini kamu sudah tahu bukan, siapa Bandung Bondowoso dan Roro Jongrang itu? Namun perlu kita ketahui bersama bahwa ini adalah cerita rakyat. Kisah nyata atau tidak, bukan suatu hal penting yang harus kita perdebatkan, namun lebih kepada intisari atau pelajaran yang bisa kita ambil dari sana.

This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

This Is The Newest Post
Previous article Previous Post

Advertisement