4 Alat yang Akan Hilang di Masa Depan

Manusia memiliki rasa ingin tahu yang begitu besar dan selalu ingin menciptakan berbagai inovasi dalam hidupnya. Hal inilah yang membuat teknologi bisa berkembang dengan begitu cepat serta sering kali tanpa benar-benar kita sadari. Sangking cepatnya, terkadang ponsel dan laptop yang baru dibeli tahun lalu kini sudah keluar versi lain yang lebih baik.

Pesatnya perkembangan teknologi ini membuat beberapa pakar memrediksikan akan ada alat yang akan hilang di masa yang akan datang. Yuk cari tahu.

 

4 Alat yang Akan Hilang di Masa Depan

Teknologi memang akan selalu dan terus menerus berubah. Terkadang, perubahan ini juga berarti menghilangnya teknologi yang ada sebelumnya. 20 tahun dari sekarang, bahkan beberapa teknologi ini kemungkinan akan menghilang dan tergantikan dengan inovasi lain yang lebih baru. 

1. Kunci Logam

Sekarang ini beberapa sistem kunci sudah tidak lagi menggunakan kunci logam. Beberapa sudah menghadirkan kunci elektrik yang hanya membutuhkan pengguna untuk menekan satu tombol saja. Bahkan beberapa mobil keluaran terbaru sudah memiliki teknologi push-button start yang hanya membutuhkan kunci tersebut berada dekat dengan mobil. Tanpa perlu memasukkannya ke lubang kunci khusus dan membiarkannya tetap berada di saku pengemudi, mesin mobil sudah bisa menyala dengan sendirinya.

 

Baca Juga: Inspirasi Gathering Kantor Murah Dan Istimewa

Selain teknologi push button untuk membuka kunci, sekarang bahkan sudah ada beragam sistem kunci lain yang tersedia misalnya dengan perintah suara, pemindai sidik jari, atau retina, bahkan dengan menunjukkan gestur tertentu. Dengan inovasi yang canggih ini, bukan tidak mungkin jika dua puluh tahun lagi kunci metal akan benar-benar tergantikan dengan sesuatu yang lebih otomatis dan canggih.

2. Kabel Charger Ponsel

Teknologi pengisian baterai tanpa kabel atau wireless kini sudah tersedia di beberapa merek smartphone tertentu. Meski demikian charger pad yang digunakan memang masih harus menancap pada dinding. Tapi bukan tidak mungkin rasanya jika suatu saat nanti Anda tidak akan perlu lagi stop kontak untuk mengisi baterai. 

Bahkan, kini beberapa perusahaan tengah berusaha membuat perangkat elektronik yang mampu mengisi baterai smartphone dengan menggunakan gelombang radio ataupun Wi-Fi. Jika teknologi ini nanti diluncurkan, bisa jadi Anda sudah tidak perlu lagi repot dan bingung membawa kabel untuk mengisi baterai kemanapun Anda pergi.

3. ATM dan Uang Cash

Sekarang ini pembayaran sudah bisa dilakukan tanpa perlu menggunakan uang cash. Sudah ada e-money yang membuat pembayaran lebih praktis, serta belanja online juga semakin populer sehingga uang cash tidak lagi terlalu diperlukan. Dengan demikian, bukan tidak mungkin pemerintah akan berhenti mencetak uang cash agar lebih hemat dan beralih ke mata uang digital.

Tahukah Anda bahwa sekarang ini hanya 9 persen dari populasi dunia yang masih menggunakan uang cash? Selebihnya sudah mulai banyak memanfaatkan mata uang digital. Ketika kartu ATM dan uang cash perlahan tidak lagi digunakan, maka mesin ATM juga tidak lama lagi tidak akan diperlukan lagi.

4. CD dan Media Fisik Lainnya

Sepertinya perkembangan yang satu ini tidak akan terlalu mengejutkan, mengingat beberapa bentuk media fisik kini sudah tidak lagi dipakai seperti kaset yang sudah tergantikan oleh CD. Meski demikian, zaman media fisik sepertinya akan segera hilang. 

Sekarang ini, sudah banyak media streaming yang bisa menjadi pilihan para pengguna. Netflix dan YouTube merupakan beberapa media yang biasa digunakan untuk menikmatif film, musik ataupun video lainnnya. Apalagi kini semakin juga sudah banyak media lain yang dapat digunakan seperti spotify dan joox untuk streaming musik, dan lain sebagainya. Kemudahan ini bukan tidak mungkin akan dengan segera menghapus keberadaan media fisik di era modern ini. 

 

Baca Juga: Inilah Tugas IT Support yang Harus Kamu Tahu

Seiring dengan perkembangan teknologi, bukan tidak mungkin jika teknologi yang sudah lama akan hilang dan tergantikan oleh inovasi baru yang lebih modern dan praktis. Jadi, beberapa benda yang kita miliki sekarang pasti akan menjadi sejarah di masa depan.

Write A Comment