Dalam dunia internet, pastinya tidak terlepas dari yang namanya situs atau website yang dikunjungi. Situs atau website juga erat kaitannya dengan yang namanya domain. Di Indonesia sendiri terdapat domain tingkat dua yang mempunyai fungsinya masing-masing. Domain tingkat dua tersebut dinamakan dengan DTD.

Top level domain yang sering digunakan di Indonesia yaitu .ID. Domain ini diperuntukkan untuk banyak bidang, seperti untuk organisasi, produk, merk, jasa, pribadi, institusi, dan masih banyak lagi. Contoh nama domain di Indonesia juga sangat beragam tergantung dari fungsi domain itu sendiri.

Ekstensi Domain di Indonesia serta Peruntukannya

Membuat sebuah domain juga tidak bisa sembarangan. Ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi. Sebagai contoh jika Anda ingin membuat domain untuk perusahaan, tentunya harus ada surat akta perusahaan. Untuk Anda yang mendaftarkan nama merk untuk dijadikan sebagai domain, Anda perlu memiliki sertifikat merk.

Apa saja sebenarnya ekstensi domain di Indonesia yang sering digunakan orang? Berikut 12 ekstensi domain serta peruntukannya :

1. .CO.ID

Domain ini banyak diperuntukan untuk bisnis atau organisasi yang beroperasi di Indonesia dan memiliki badan hukum. Membuat nama domain dengan ekstensi .co.id harus memenuhi beberapa syarat, yaitu KTP, Legal perusahaan, dan sertifikat merk.

2. .AC.ID

Domain .ac.id sering digunakan oleh lembaga pendidikan tinggi atau entitas atau organisasi yang sudah mempunyai izin penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dari Kementerian Pendidikan. Domain ini juga harus memenuhi syarat yang sesuai dengan Undang-undang. Salah satu contoh nama domain dari .ac.id adalah www.ui.ac.id

3. .SCH.ID

Untuk lembaga Pendidikan Dasar dan Menengah, yang berada di bawah Kementerian Pendidikan biasanya menggunakan ekstensi domain .sch.id. Bisa juga untuk pendidikan non-formal yang diakui oleh SKPD. Membuat domain dengan ekstensi ini juga ada persyaratan yang harus dipenuhi.

4. .MY.ID

Domain yang satu ini banyak digunakan untuk perorangan atau organisasi yang mempunyai dokumen identitas Indonesia yaitu KTP. Anda yang ingin memiliki website pribadi bisa memakai ekstensi domain ini.

5. .WEB.ID

Penggunaan .web.id hampir sama dengan .my.id yang bisa digunakan oleh perorangan ataupun organisasi. Asalkan Anda mempunyai tanda pengenal resmi Indonesia, domain ini bisa Anda gunakan dengan mudah.

6. .MIL.ID

Terlihat jelas sesuai singkatannya, .mil.id diperuntukan untuk instansi militer Indonesia. Mulai dari tingkat pusat maupun daerah yang mempunyai kewenangan sesuai dengan aturan institusi TNI. Untuk membuat domain ini harus ada surat permohonan dan surat rekomendasi tentang pengajuan nama domain.

7. .OR.ID

Domain .or.id diperuntukkan bagi organisasi politik, pemuda, sosial, himpunan, komunitas, kemasyarakatan, dan yang sejenisnya. Salah satu contoh nama domain untuk ekstensi ini adalah www.apoteker.or.id

8 .BIZ.ID

Mungkin ekstensi ini sedikit asing didengar, tetapi ektensi domain ini banyak digunakan untuk organisasi atau perorangan yang memiliki UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Anda hanya perlu memiliki tanda pengenal KTP dan juga NPWP untuk membuat domain ini.

9. .GO.ID

Lembaga negara dan jasa, layanan publik, dan yang sejenisnya bisa menggunakan ekstensi domain .go.id. Domain ini pada dasarnya digunakan untuk lembaga negara yang bekerja di berbagai sektor, baik yudikatif, eksekutif, dan legislatif.

10. .DESA.ID

Domain yang satu ini diperuntukkan pada organisasi atau lembaga  desa yang berwenang mengurus dan mengatur kepentingan masyarakat sesuai budaya setempat.

11 .NET.ID

Domain .net.id banyak digunakan di organisasi atau badan usaha yang bergerak di bidang telekomunikasi. Seperti VSAT, ISP, Seluler, dan masih banyak lagi. Salah satu contoh nama domain dengan ektensi .net.id yang terkenal adalah www.inet.net.id

12 .PONPES.ID

Berdasarakan singkatannya, ponpes sendiri adalah pondok pesantren. Yang berarti ekstensi domain .pospen.id digunakan untuk lembaga atau organisasi pendidikan Pondok pesantren.

Baca Juga: 4 Alat yang Akan Hilang di Masa Depan

Itulah 12 ekstensi domain yang ada di Indonesia serta peruntukannya. Jika kamu ingin membeli domain di penyedia hosting Indonesia, Anda bisa mampir ke domainesia. Banyak sekali pilihan nama domain di domanesia.com dan juga contoh nama domain yang bisa digunakan untuk website Anda.

Write A Comment