Ketika kita belanja melalui platform online pernahkah terpikirkan oleh anda darimana barang tersebut dan bagaimana para penjual tersebut mendapatkan stock barang yang sama terus menerus. Bagaimana mekanisme dari penjual agar stock barang selalu ada dan apakah setiap penjual selalu harus menyetok sendiri barang tersebut dirumah.

Jawabannya tidak, karena sebagian penjual yang ada di platform – platform penjualan online yang sering anda gunakan adalah Dropshipper. Apa itu Dropshipper ? dan bagaiman cara memulainya.

Apa itu Dropshipper?

Dropshipper adalah pelaku usaha yang melakukan penjualan tanpa menggunakan modal ataupun tapa menyetok barang di rumah. Jadi Dropshipper mengandalkan keahlian mereka dalam memasarkan barang milik orang lain ataupun perusahaan dengan mengambil keuntungan sendiri. Sebagai pelaku Dropship anda tidak memerlukan banyak modal atau bahkan tanpa modal juga bisa. Dengan demikian anda bisa melakukan pekerjaan ini dimanapun kapanpun asalkan memiliki jaringan internet.

Baca Juga: Suara Burung Gereja Gacor MP3

Untuk mencari partner ataupun pemasok barang yang ingin anda jual juga sangat mudah. Karena saat ini sudah banyak perusahaan pemasok barang yang sudah memiliki ribuan produknya sendiri seperti kosmestik, pakaian, aksesories, dan elektronik. Fokus anda hanya perlu mencari target konsumen dan barang apa yang ingin anda jual.

Apa keuntugan menjadi Dropshipper?

Dengan sistem dropship banyak pihak yang akan di untungkan. Untuk pembeli mereka akan mendapatkan barang yang mereka inginkan lebih mudah karena hanya perlu mereka pesan melalui gadget. Untuk pemasok sistem dropship ini membantu mereka memasarkan produk lebih luas. Dan untuk Dropshipper mereka bisa mendapatkan keuntungan besar dengan modal minim dan tanpa harus menyetok barang terlebih dahulu.

Cara memulai menjadi Dropshipper Pemula

Untuk memulai menjadi Dropshipper anda harus memliki tujuan atau fokus pada barang apa dan konsumen seperti apa yang ingin anda targetkan sebagai pembeli utama barang yang anda pasarkan tersebut. Langkah-langkah yang perlu di ambil untuk memulai sebagai Dropshiper yaitu:

1. Pilih produk dan mencari Partnership

Hal utama yang perlu dilakukan oleh Dropshiper pemula adalah memilih produk dan mencari partnership yang dapat dipercaya. Kedua hal ini merupakan hal paling wajib yang perlu anda kerjakan terlebih dahulu. Dalam memilih produk usahakan memiliki kesamaan. Seperti contoh jika anda menjual hardcase handphone maka barang lain yang ada pasarkan tidak boleh terlalu jauh dari aksesories handphone. Dan untuk memilih partnership yang baik anda sebaiknya melihat produk apa yang di jual oleh calon partner anda tersebut, dan berapa barang yang dapat anda pasarkan. Dan pastikan juga partneship anda selalu menjaga kualitas barang serta stock barang yang anda pasarkan.

2. Melakukan Survei

Sebelum memulai memasarkan ada baiknya anda sebagai Dropshipper Pemula melalukan survei terlebih dahulu. Survei tersebut ditujukan untuk memudahkan anda menentukan produk yang ingin anda jual serta target konsumen dari barang yang anda pasarkan. Sebagai Dropshipper Pemula merupakan hal wajib untuk menentukan target konsumen agar anda dapat mencapai tujuan yang di inginkan.

3. Iklankan barang yang akan anda Pasarkan

Untuk mencapai target penjualan seperti yang diharapkan anda perlu melakukan periklanan produk di berbagai media sosial. Seperti contoh Facebook, Twitter, Instragram dll. Walaupun memerlukan modal yang lebih tapi hasil penjualan anda akan lebih baik dan banyak orang akan mengenal produk anda. Dengan demikian anda sebagai Dropshipper Pemula akan lebih mudah dikenali oleh konsuemn.

4. Mempercepat proses pembelian dan selalu fast respon

Dengan proses pembelian dan pengemasan yang cepat pembeli atau konsumen akan senang dengan layanan anda. Dengan demikian pembeli akan selalu kembali dan menjadi pelanggan setia anda.

Baca Juga: Berapa Harga Genset 10 KVA?

Dan anda sebegai Dropshipper harus selalu cepat dan tanggap dengan keluhan dan keinginan konsumen. Karena hal tersebut yang akan membuat konsumen mempercayai kinerja anda.

Write A Comment