Meningkatkan kualitas hasil pertanian ternyata tidak lagi hanya mengandalkan produk-produk pertanian yang mengandung bahan kimia. Peningkatan kualitas dan kuantitas hasil pertanian juga bisa mengandalkan bahan-bahan alami. Hal ini semakin mungkin berkat adanya pengetahuan tentang eco farming adalah solusi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian.

Pengertian Eco Farming

Istilah eco farming mungkin masih sedikit asing, namun istilah ini sudah mulai diperkenalkan ke publik di Indonesia sejak tahun 2016 lalu. Secara sederhana eco farming adalah sebuah sistem pertanian terpadu yang berupaya untuk melindungi dan melestarikan alam dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti limbah organik sebagai media pertanian yang efektif dan juga efisien.

Teknik pertanian satu ini kemudian hanya mengandalkan bahan-bahan alami yang mampu mendukung kegiatan pertanian. Jika pada pertanian konvensional menggunakan pupuk urea, pestisida, dan produk pertanian mengandung bahan kimia. Maka pada teknik eco farming murni menggunakan limbah organik yang mampu menggantikan produk-produk pertanian buatan pabrik tersebut.

Jenis-Jenis Produk Eco Farming

Sebagai salah satu teknik pertanian dimana eco farming adalah solusi untuk menjaga kesehatan alam, petani, dan masyarakat selaku konsumen produk pertanian. Maka teknik pertanian ini perlu dilestarikan di semua wilayah pertanian di Indonesia. Semakin kesini jenis produk eco farming terus berkembang, dan beberapa diantaranya adalah:

Hasil Pertanian Organik

Jika membahas jenis produk eco farming maka hasil pertanian organik adalah salah satunya. Jadi, semua tanaman yang ditanam dengan teknik eco farming kemudian hasil panennya termasuk produk eco farming. Mulai dari cabe, tomat, paprika, dan lain sebagainya.

Semua produk hasil panen ini juga akrab disebut dengan istilah sayuran organik. Selain menanam sayuran, teknik eco farming juga cocok untuk menanam beberapa jenis buah. Tidak tertutup kemungkinan semua jenis tanaman bisa ditanam dengan teknik organik ini.

Pupuk Eco Farming

Produk berikutnya adalah pupuk eco farming yang kini mulai dijual bebas di pasaran dan dengan sejumlah  merek tersendiri. Pupuk jenis ini dibuat dari bahan-bahan limbah organik yang sifatnya alami. Kemudian digunakan untuk memberikan nutrisi pada tanaman dan tanah di lahan pertanian. Produknya banyak diminati sekaligus mudah didapatkan, baik di toko produk pertanian terdekat maupun toko online.

Pestisida Eco Farming

Selanjutnya adalah pestisida eco farming yang juga terbuat dari bahan alami. Pestisida bahan alami ini bisa digunakan untuk mengusir hama perusak tanaman pertanian tanpa harus menggunakan pestisida pabrikan yang tinggi bahan kimia.

Dilansir dari situs kumparan.com, pestisida eco farmng bisa dibuat dari buah maja dan daun suren yang dialuskan. Keduanya bisa diaplikasikan ke tanaman pertanian untuk membantu melawan serangan hama secara organik.

Penjelasan mengenai eco farming dan eco plant protector teknik pertanian dengan mengandalkan bahan-bahan alami atau organik di atas. Tentu menjelaskan bahwa teknik pertanian ini aman untuk diterapkan jangka panjang demi kesehatan alam atau lingkungan, kesehatan petani, dan kesehatan konsumen.

Write A Comment