Latar belakang Bandung Lautan Api yang terjadi sekitar bulan Maret tahun 1946 ini, memang dipenuhi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Sebagai masyarakat Indonesia yang menghargai sejarah perjuangan para pejuang, sudah sepatutnya kita mengetahui dengan jelas peristiwa dan latar belakang peristiwa tersebut.

Insiden Sejarah Bandung Lautan Api

Untuk mengetahui latar belakang Bandung lautan api yang terjadi pada masa peperangan dengan tentara Jepang, Anda juga harus mengetahui bagaimana sebenarnya insiden sejarah ini berlangsung.

Baca Juga: Mengetahui Kronologi Terjadinya Bandung Lautan Api

Peristiwa Bandung terbakar ini memang menjadi sejarah besar bagi Indonesia, terutama bagi masyarakat Bandung.  Ternyata perlawanan pejuang Indonesia yang ada di Bandung tidak hanya menghadapi tentara Jepang, dimana para pejuang pada saat itu sudah berhasil mengambil dan melucuti semua senjata dari tentara jepang. Namun, hal tersebut membuat pejuang menjadi lengah dan tidak menyadari akan kedatangan tentara sekutu.

Peristiwa Yang Terjadi

Kehadiran tentara sekutu yang tidak disadari membuat banyak hal yang terjadi, diantaranya disaat para pejuang Indonesia sedang lengah mereka membentuk kekuatan dan memberikan banyak tuntutan pada rakyat Indonesia yang berada di Bandung.

Beberapa tuntutan yang dikeluarkan yaitu pembagian wilayah Bandung, pendirian markas dan permintaan senjata Jepang yang sudah berhasil diamankan oleh rakyat Indonesia. Bahkan, sekutu juga memerintahkan rakyat untuk mengosongkan sebagian wilayah Bandung tersebut. Sudah pasti rakyat Indonesia marah dan tidak setuju, sehingga masyarakat Bandung tidak bersedia untuk pindah dan memberikan Bandung Utara pada tentara sekutu.

Hal tersebut menjadi latar belakang Bandung lautan api yang memicu terjadinya Bandung terbakar, dimana kebimbangan masyarakat Bandung terhadap dua instruksi berbeda yang berasal dari Jakarta dan Yogyakarta. Pemerintah Ri di Jakarta memerintahkan masyarakat Bandung untuk tidak mengosongkan wilayah tersebut, sedangkan Pemerintah Yogyakarta berpikir sebaliknya.

Ditengah kebingungan, para pemuda Bandung akhirnya memutuskan untuk mengambil tindakan melakukan serangan besar-besaran terhadap tentara sekutu yang terjadi tepat pada tanggal 24 Maret 1946.

Dengan terjadinya peristiwa penyerangan yang dilakukan masyarakat Bandung, mengakibatkan meledaknya peperangan yang benar-benar membakar wilayah Bandung. Itulah insiden yang terjadi dan menjadi sejarah terbentuknya Bandung lautan api.

Latar Belakang

Peristiwa Bandung lautan api tidak terjadi begitu saja tanpa sebab, pastinya sejarah besar seperti ini memiliki latar belakang yang menjadi penyebab peristiwa tersebut terjadi. Adapun beberapa latar belakang Bandung lautan api yang diketahui adalah sebagai berikut:

1. Tuntutan Brigade Macdonald

Dalam peristiwa ini, memang terdapat sebuah tuntutan dari brigade Mac Donald kepada masyarakat Bandung. Isi tuntutannya adalah untuk menyerahkan senjata Jepang yang sebelumnya sudah diambil para pemuda Bandung dari pihak sekutu.

2. Kota Bandung Terbagi Menjadi Dua Wilayah

Salah satu latar belakang Bandung lautan api yang jelas terlihat adalah terbaginya kota Bandung menjadi dua wilayah, yaitu Bandung Utara dan Bandung Selatan.

3. Ultimatum Sekutu

Terdapat sebuah ultimatum yang dikeluarkan oleh pihak sekutu, dimana isi ultimatum tersebut adalah untuk mengosongkan Bandung Utara pada tanggal 29 November 1945.

4. Rencana Dibangunnya Markas Sekutu

Latar belakang terakhir yang memicu terjadinya Bandung lautan api adalah sebuah rencana pembangunan markas sekutu.

Baca Juga: R.A.A Wiranatakusumah, Sebagai Raja Sunda Terakhir

Perjuangan pemuda Bandung mempertahankan kemerdekaan tidaklah mudah, terbukti dari peristiwa Bandung lautan api menjadi sejarah bagi masyarakat Indonesia akan kegigihan masyarakat Bandung sebagai pejuang Indonesia. Bahkan, sebagai pengingat momen tersebut dan menjadi bukti sejarah maka dibangunlah sebuah monumen bersejarah yaitu monumen Bandung Lautan Api.

Write A Comment