pasir bangunan

Membangun rumah pasti membutuhkan jenis material yang beragam. Salah satunya adalah pasir. Apabila Anda hendak membangun rumah, baiknya ketahui dahulu jenis pasir bangunan terbaik untuk membangun rumah. Hal ini berguna agar hunian Anda bisa berdiri kokoh dan tidak mudah roboh.

 

Bukan perkara sepele saat proses bangun hunian. Pasalnya, Anda harus memilih bahan terbaik agar rumah bisa berdiri dengan kuat selama berpuluh-puluh tahun. Belum lagi biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah tidak sedikit, apalagi harga materialnya terus naik.

 

Jenis Pasir yang Sering Digunakan Untuk Bangun Rumah 

Salah satu bahan material penting untuk membangun rumah adalah pasir. Mengingat ada banyak jenis pasir, maka Anda harus mengetahui jenis pasir bangunan terbaik yang sering digunakan untuk bangun rumah. Apabila tidak tahu, berikut ini macam-macam jenisnya:

Pasir Laut untuk Bangun Rumah
Pasir Laut untuk Bangun Rumah

1. Pasir merah

Apabila Anda tinggal di daerah Sukabumi, Cianjur pasti kerap melihat pasir ini untuk membangun rumah. Pasir merah sendiri memiliki sebutan lain yaitu pasir Jebrod karena diambil langsung di daerah Jebrod Cianjur. Kualitas terbaik yang dihasilkan oleh pasir ini tidak diragukan lagi.

 

Baca Juga: Mengetahui Komposisi dan Manfaat Mustika Dara HPAI

Sehingga, banyak orang dari berbagai daerah memesan pasir ini untuk membangun huniannya. Pasir merah sendiri dalam pembangunan rumah digunakan untuk bahan cor karena pasir ini beberapa cirinya adalah agak kasar serta bebatuan yang ada di dalamnya agak besar.

2.Pasir beton

Ingin bangun rumah bertingkat tapi bingung jenis pasir apa yang harus digunakan? Jangan bingung, pasalnya Anda bisa menggunakan pasir beton untuk pengecoran sebelum membangun lantai atas rumah Anda. Tidak hanya itu, pasir beton juga kerap digunakan untuk pemasangan batu bata.

Mengapa pasir beton bisa digunakan untuk pengecoran maupun pemasangan batu bata? Pasalnya, pasir ini memiliki memiliki butiran cukup halus dan warnanya hitam. Sehingga jika dicampurkan dengan air dan bahan material lainnya, daya rekat yang dihasilkan cukup tinggi.

3. Pasir sungai

Jenis pasir bangunan terbaik yang sering kali digunakan untuk bangun rumah adalah pasir sungai. Mengapa diberi nama pasir sungai? sebab cara perolehannya adalah berasal dari bebatuan sungai yang terkena gigisan bebatuan yang keras nan tajam. Sehingga butiran yang dihasilkan cukup baik.

Namun, perlu Anda sekalipun pasir ini memiliki butiran yang halus, bukan berarti bisa langsung digunakan seperti pasir beton. Anda harus mencampurkan pasir sungai ini dengan material lain sebagai bahan adukan agar kualitasnya lebih terjamin saat digunakan untuk bangun rumah.

4. Pasir pasang sungai

Pasir pasang sungai adalah salah satu jenis pasir bangunan yang menurut orang-orang kurang cocok digunakan untuk membangun rumah. Padahal, faktanya tidak sedikit gedung-gedung pencakar langit yang menggunakan pasir jenis ini untuk pembangunannya.

Namun, tentu saja apabila Anda hendak menggunakan pasir pasang sungai ini harus dicampur dengan bahan material lain. Kemudian, Anda bisa menggunakannya untuk plesteran dinding sehingga hasil yang diberikan terlihat lebih halus dan merekat dengan kuat.

5.Pasir elod

Masih ingat pasir beton? Apabila kalian ingin kualitas cor untuk rumah Anda lebih kuat, maka Anda bisa mencampurkan pasir elod. Mengapa? Pasalnya, pasir elod ini memiliki struktur yang apabila dikepal menggunakan tangan akan menggumpal, serta terdapat campuran warna hitam.

 

Baca Juga: Kumpulan Contoh Merchindise Unik untuk Perusahaan

Kelima jenis pasir bangunan yang sudah disebutkan di atas, memang paling sering digunakan untuk bangun rumah. Pastinya kelima dari jenis pasir tersebut harus disesuaikan dengan keadaan struktur tanah dan kondisi lingkungan sekitar tempat rumah hendak didirikan.

Write A Comment