Ditengah pandemi yang sedang berlangsung di tahun 2021 ini, menekuni hobby bisa menjadi salah satu cara untuk mengisi waktu luang, salah satunya adalah dengan memelihara burung. Bermaksud ingin memelihara burung perkutut, namun ada beberapa saran untuk memelihara burung perkutut dalam jumlah gajil?

Yaps, memang selama ini ada mitos, khususnya bagi orang jawa dimana jika kita ingin memelihara burung perkutut, baiknya jumlah burung yang dipelihara haruslah ganjil. Namun mana yang sebenarnya benar, memelihara burung perkutut baiknya ganjil atau genap?

Burung Perkutut dimata Orang Jawa

Sebenarnya hal ini sudah menjadi rahasia umum, khususnya untuk orang jawa yang masih mengikuti hal-hal yang berkaitan dengan tradisi jawa. Burung perkutut adalah salah satu burung yang memiliki ikatan erat dengan cerita-cerita zaman dulu, lebih tepatnya cerita zaman kerajaan majapahit.

Dilansir dari anehdunia, konon dahulu burung perkutut hanya dimiliki oleh orang ningrat saja, salah satunya adalah pRabu Brawijaya. Prabu Brawijaya dikenal sebagai salah satu orang yang memilihara burung perkutut. Namun katanya itu bukan burung perkutut biaya, melainkan jelmaan dari sosok pangeran dari kerajaan padjajaran bernama Joko Mangu.

Ceritanya Pangeran Joko Mangu ini dikutuk oleh orang jahat untuk menjadi Burung Perkutut, dan selanjutnya akan dibunuh. Namun sebelum niat tersebut terlaksana, pangeran Joko Mangu berhasil kabur dan menuju kerajaan Majapahit, yang kemudian bertemu dengan Prabu Brawijaya.

Nah sejak saat itulah burung perkutut yang disebutkan sebagai jelmaan pangeran Joko Mangu tersebut ikut dan dipelihara oleh Prabu Brawijaya, termasuk pada saat Prabu Brawijaya berpindah ke Ngayogyakarta.

Disebutkan bahwa burung perkutut ini juga memberikan andil atau petuah kepada Prabu  Brawijaya dalam misinya untuk mempersatukan Raja-raja Jawa pada kala itu. Dari sejarah inilah akhirnya burung perkutut memiliki tempat yang sangat istimewa, dimata orang jawa khususnya.

Pelihara Burung Perkutut Jawa Baiknya Ganjil atau Genap?

Lanjut kepada pertanyaan yang pastinya ingin banget kamu tahu jawabannya, yakni memelihara burung perkutut baiknya genap atau ganjil sih? Jika memang direkomendasikan untuk memilih jumlah ganjil, kenapa bisa begitu, apa alasannya?

Memang selama ini ada sebuah anjuran yang diberikan oleh nenek moyang kita, yakni untuk memelihara burung perkutut dalam jumlah ganjil. Namun kenapa harus ganjil, setelah kami cari tahu lebih lanjut, kami tidak menemukan alasan kenapa direkomendasikan jumlahnya ganjil.

Namun ini adalah opini dari kami, mungkin saja hal ini karena burung perkutut memiliki tempat yang spesial di mata orang jawa jika dilihat dari historinya. Dan sudah sepantasnya barang spesial lainnya, nenek moyang kita mungkin memiliki alasan khusus kenapa harus ganjil.

Namun tidak semua pecinta burung merekomendasikan jumlah ganjil lho, dibeberapa chanel Youtube, ada juga merekomendasikan jumlah genap. Dan point yang kami dapat dari beberapa pecinta burung perkutut lain, berapa jumlah burung perkutut yang harus dipelihara ini sebaiknya disesuaikan dengan keyakninan masing-masing, entah itu jumlahnya genap atau ganjil.

Baca Juga: Makanan Burung Lovebird yang Bagus saat Mabung

Namun sarang kami jika kamu ingin memelihara burung perkutut harus benar-benar dirawat ya, jangan sampai sudah benar-benar memikirkan berapa jumlahnya yang harus dipelihara, namun melupakan bagian yang paling penting untuk selalu merawat dan memberikan pakan yang cukup bagi si burung.

Write A Comment