Membentuk karakter baik pada anak dapat dilakukan lewat pembiasaan. Orang tua sebaiknya menanamkan beberapa kebiasaan baik agar anak juga tumbuh dengan karakter yang baik sesuai harapan. Banyak sekali contoh kebiasaan baik anak di rumah yang bisa diajarkan mulai dari balita. Tentunya orang tua punya peran besar untuk membimbing anak dalam proses pembiasaan tersebut.

Pertahankan Kebiasaan Baik Anak di Rumah Berikut Ini

Bermula dari kebiasaan kecil, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang sehat, cerdas, dan sopan. Kira-kira kebiasaan baik apa saja yang sebaiknya dimiliki anak dan harus terus dipertahankan? Berikut ini adalah 6 contoh kebiasaan baik anak yang sebaiknya memang mulai ditanamkan sejak dini dan terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Makan Makanan Bergizi

Kebiasaan pertama yang wajib untuk ditanamkan serta dipertahankan adalah kebiasaan makan makanan yang bergizi seimbang. Sejak dini anak harus mulai dibiasakan mengonsumsi makanan yang sehat seperti sayur dan buah-buahan.

Orang tua bisa memperkenalkan anak dengan berbagai jenis makanan sehat sejak usia 6 bulan saat anak masuk masa MPASI.

Saat anak terbiasa mengonsumsi makanan sehat maka tubuhnya akan mendapatkan asupan gizi yang lengkap dan seimbang. Hal ini sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh juga mendukung perkembangan maupun pertumbuhannya.

Jika sudah terbiasa makan makanan sehat, maka seiring berjalannya waktu anak juga akan lebih menyukai jenis makanan ini dibanding makanan yang tidak sehat.

2. Tidur Tepat Waktu

Orang tua juga perlu membiasakan anak untuk tidur tepat waktu. Tidur ini merupakan bagian penting dari rutinitas harian anak yang juga berpengaruh pada kesehatan fisik maupun mental. Istirahat yang cukup akan membantu anak untuk tumbuh secara optimal karena waktu tidur ini adalah waktu anak untuk bertumbuh.

Buatlah jadwal tidur yang pasti setiap hari. Misalnya, anak harus tidur malam pukul 20.00 setiap hari atau tidur siang mulai jam 1 setelah selesai sekolah. Sesuaikan saja jam tidur ini dengan aktivitas anak dan tentunya harus memenuhi kebutuhan tidur sehari-hari demi menjaga kesehatan anak.

3. Menjaga Kebersihan

Pastikan anak terbiasa untuk menjaga kebersihan diri maupun lingkungan di sekitarnya. Menjaga kebersihan merupakan sebuah kebiasaan baik anak di rumah yang harus ditanamkan sejak dini dan selalu dipertahankan.

Usahakan anak terbiasa merapikan mainannya sendiri, membersihkan kamar dan tempat tidur sendiri, serta membuang sampah pada tempatnya.

Kebiasaan menjaga kebersihan ini akan membawa banyak manfaat bagi si kecil. Lingkungan yang bersih akan mendukung anak untuk tumbuh dengan sehat dan optimal.

Biasakan juga anak untuk merawat kebersihan tubuhnya sendiri dengan rutin mandi minimal 2 kali sehari. Ajarkan anak untuk meletakkan pakaian kotor di tempatnya bukan ditumpuk di dalam kamar.

4. Membaca Buku

Kebiasan lainnya yang juga bisa ditanamkan kepada anak adalah kebiasaan membaca buku. Aktivitas satu ini tentu saja bisa mendatangkan banyak manfaat. Membaca buku akan membuat anak memiliki wawasan yang lebih luas.

Kegiatan ini juga jauh lebih bermanfaat dibandingkan bermain game atau menonton video di Youtube yang seringkali memberi efek buruk bagi perkembangan anak.

Sebenarnya kebiasaan membaca buku ini dapat ditanamkan sedini mungkin. Caranya sederhana, yakni dengan memperkenalkan buku kepada anak sejak bayi.

Ada banyak produk buku yang memang didesain untuk diberikan kepada bayi agar mereka bisa mengenal buku lebih awal. Selain itu cobalah untuk selalu mendampingi anak dan ajak anak membaca buku favoritnya.

5. Menabung

Kebiasaan menabung juga bisa jadi salah satu hal yang penting untuk diajarkan kepada anak. Mulai tanamkan kebiasaan menabung pada anak sedini mungkin. Siapkan celengan dengan bentuk yang lucu sesuai karakter dan warna favorit anak. Ajak anak untuk menyimpan uang koin dan uang yang ia miliki ke celengan tersebut.

Hal ini mungkin sederhana, namun bisa memberikan manfaat yang sangat besar di masa depan. Seiring bertumbuhnya si kecil, ia jadi terbiasa untuk menyisihkan uang dan menabungnya.

Kebiasaan menabung ini akan membantu anak lebih sadar pentingnya manajemen finansial dan menyimpan uang untuk kepentingan darurat. Jadi ketika anak tumbuh dewasa nanti ia jadi lebih bijak menggunakan uangnya sendiri.

6. Bermain Permainan Edukatif

Sudah bisa dipastikan bahwa anak pasti punya kebiasaan bermain. Sebenarnya kebiasaan bermain ini menjadi sebuah hal yang positif selama dilakukan secara wajar dan permainan yang dilakukan juga bermanfaat.

Misalnya saja permainan origami atau kertas lipat warna-warni yang menguji kreativitas anak. Jenis permainan ini justru akan membuat anak lebih kreatif dan perkembangan otaknya jadi lebih optimal.

Jika anak punya kebiasaan main origami, maka biarkan saja kebiasaan tersebut terus berlanjut. Hobi bermain origami ini akan membuat kreativitas anak terus berkembang. Selain itu, hobi ini juga membantu anak terhindar dari gadget dan aktivitas lain yang mungkin tidak bermanfaat.

Yuk, beli kertas Origami berkualitas hanya di Blibli. Platform e-commerce Blibli menyediakan banyak sekali pilihan produk mainan edukatif dan salah satunya adalah origami. Tersedia banyak pilihan tipe origami dengan berbagai jenis warna dan ukuran. Cocok sekali dimainkan oleh anak-anak sebagai salah satu kegiatan edukatif yang menyenangkan.

Blibli juga sering memberikan penawaran promo menarik untuk beragam jenis produk yang tersedia di sana. Dapatkan mainan origami yang bermanfaat untuk anak dengan harga menarik hanya di Blibli!

Produk dijamin berkualitas dan layanan konsumen tidak akan mengecewakan. Yuk, terapkan kebiasaan baik anak di rumah dengan mulai mengajarkan permainan origami pada anak!

Write A Comment